Jumat, 18 Januari 2013

Penggunaan E-Mail

Definisi E-Mail
•    Surat elektronik atau pos elektronik (email) adalah sarana kirim mengirim surat melalui jalur jaringan komputer (misalnya internet).
•    biaya yang dikeluarkan adalah biaya untuk membayar sambungan Internet. Tapi ada perkecualian misalnya surat elektronik ke ponsel, kadang pembayarannya ditagih per pengiriman.
 
Cara Mengakses E-Mail
•    Menggunakan peramban web, seperti Mozilla Firefox, disebut web-based. Artinya menggunakan media web sebagai perantara ke kotak e-mail. Contoh: Yahoo! Mail dan Gmail. Layanan e-mail berbasis web disediakan oleh penyelenggara layanan surel gratis.
•    Menggunakan program pengakses e-mail (e-mail client), seperti: Eudora Mail, Outlook Express, Windows Mail, Mozilla Thunderbird, Mutt. Syaratnya harus mengetahui konfigurasi yang bisa didapat dari ISP. Keuntungannya dapat membaca e-mail tanpa perlu terhubung secara terus-menerus dengan internet dan puluhan e-mail
 
Pembuatan E-Mail Yahoo!
•    Daftar, pertama kita menuju yahoo.com, setelah itu klik 'Buat Account‘.
•    Lengkapi Data Diri, isi dan lengkapi data diri (nama, jenis kelamin, tanggal lahir dan negara asal), lalu buat password yang rumit (kombinasi huruf, angka dan simbol) dan mudah diingat.
•    Buatlah secret question (pertanyaan rahasia/kemanan) dan sekaligus juga jawabannya, membantu mengidentifikasikan pemilik alamat email.
•    Tulis code sesuai gambar (lihat garis kotak hijau muda di bawah), jangan lupa perhatikan huruf besar dan huruf kecil.
Klik 'Create My Account‘.

 Pembuatan E-Mail Gmail
•    Buka https://mail.google.com
•    Klik "Create an Account”. Isi nama awal dan akhir Anda. Pilih username yang digunakan sebagai alamat email. Buatlah password (Create Password) yang akan selalu digunakan untuk membuka atau mengakses email Anda. Isikan password yang sudah dibuat tadi (Confirm your password). Isi bulan, tanggal dan tahun kelahiran Anda. Pilih jenis kelamin (Gender) Anda. Masukkan nomor handphone Anda diawali dengan +62 (kode wilayah Indonesia).
Namun, jika nomor handphone yang diberikan valid, konfirmasi bisa juga dilakukan via telpon ataupun sms. Masukkan kode verifikasi
•    Pastikan lokasi tertera adalah Indonesia.
•    Centang semua pilihan dan klik "Next Step".
•    Pada tampilan selanjutnya, Anda ditunjukkan ke tampilan profil email di gmail Anda. Pada tahap ini sebenarnya bisa langsung ke "Next Step". Untuk menambah foto profil, klik "Add Profile Photo"
•    Klik "Select a photo from your computer" untuk meng-upload foto profil Anda. Disarankan untuk menggunakan ukuran foto kecil saja dan persegi empat.
•    Klik "Set a Profile Photo“.
Klik "Next Step
Bagian E-Mail
•    To, pd kolom ini diisi oleh alamat email yang akan kita tuju. Perlu diperhatikan sedetil mungkin karena dapat menyebabkan email yang kita kirim tidak akan sampai
•    Cc, atau copy carbon merupakan salinan email berfungsi untuk mengirimkan email ke beberapa orang secara bersamaan (dipisahkan dengan tanda koma)
•    Subject, pada kolom ini berfungsi sebagai judul atau topik email yang kita kirim untuk memudahkan penerima mengetahui maksud email yang kita kirim.
Content, merupakan isi dari email yang akan kita kirim. Usahakan menggunakan bahasa yang mudah dimengerti dan sederhana agar penerima mengerti maksud email yang kita kirim
Jenis Tujuan Pengiriman
•    To : tujuan standar pengalamatan pesan
•    Cc : singkatan dari carbon copy, jika anda ingin mengirim pesan kepada seseorang, tetapi ingin juga memberikan copy pesan pada orang lain, cantumkan alamat emalnya pada kolom cc selain pada kolom To
•    Bcc : singkatan dari blind carbon copy, jika anda ingin mengirimkan pesan pada 2 orang, pada kolom to dan pada kolom bcc, keduanya akan menerima email tetapi penerima yang ada di kolom to tidak akan mengetahui (blind) bahwa email juga dikirimkan ke pihak ke 2 (bcc)
Etika Penggunaan Surat Elektronik
•    Jangan mengirim surat elektronik dengan lampiran (attachment) yang terlalu besar (lebih dari 512 kB).
•    Jangan mengirim lanjut (forward) surat elektronik tanpa berpikir kegunaan bagi orang yang dituju.
•    Selalu isi kolom subjek, jangan dibiarkan kosong.
•    Dalam mengutip tulisan orang lain, kutip bagian yang kita tanggapi saja. Dalam mengutip tulisan orang ketiga, kutip sesedikit mungkin dan rujuk ke tulisan aslinya.
•    Jangan menggunakan huruf kapital karena dapat menimbulkan kesan anda BERTERIAK.
•    Gunakan kata-kata dengan santun.
Pengelolaan E-Mail melalui Outlook
•    Login ke account gmail kemudian pilih setting
•    Pilih forwarding and POP/IMAP
•    Kemudian select enable IMAP di IMAP access lalu save
•    Aktifkan ms. Outlook maka akan muncul email account kemudian pilih yes
•    Lalu muncul auto account kemudian isikan nama, email address, password, re-password manually configure type
•    Klik finish
Penggunaan Outlook untuk pengelolaan email
•    Membuat/mengirim email
•    Membaca/menerima email
•    Membaca/menerima file attachment
•    Untuk membuat pesan (message) baru pada outlook : pada folder inbox, klik menu file; sorot new; klik menu mail message
•    Message rules, berguna untuk mengatur email agar dapat diterima sesuai dengan aturan yang diinginkan, mengelompokkan email pada folder tertentu maupun untuk memblok email yang tidak kita inginkan (iklan, spam, pronografi, dsb).
Pengaturan Message Rules
•    Pada folder inbox klik menu tools lalu klik “rules wizard” (akan muncul menu untuk “rules wizard”)
•    Klik tombol new, pilih aturan sesuai keinginan (contoh “check message when they arrive”), akan memeriksa email begitu tiba.
•    Klik next. pilih lagi sesuai aturan yang diinginkan (contoh “with specific word in the sender’s address”), akan memeriksa kata-kata khusus pada alamat pengirim. Klik kalimat “specific word” yang di garis bawah. Isi sesuai dengan kata yang kita inginkan. (mis :didin)
•    Klik next kemudian pilih “move it to the specified folder” (akan memindahkan email ke folder tertentu)
•    Klik specified, akan muncul window folder pada outlook
•    Pilih folder yang anda inginkan pada “inbox” (sub folder)
•    Klik next – kemudian beri nama/judul untuk message rule tadi
•    Klik finish
Penggunaan Grup
•    Dpt mengirim email ke group tertentu, yang terdiri dari gabungan beberapa alamat email. Hal ini berguna untuk memudahkan pengiriman email ke banyak alamat sekaligus dalam satu grup dari pada menuliskan alamat email satu-persatu. Untuk mengirim ke group lakukan langkah berikut :
•    Klik “to” pada pengiriman email. Akan muncul menu address book
•    Pada kolom “show  names from the : ”, pilih all groups (atau di tempat mana anda membuat groups)
•    Klik ok dan send
Fitur & Keuntungan Outlook dibandingkan Webmail
•    Fitur ms outlook : kalender, catatan jadwal, global address book, tasks, folder lists
•    Keuntungan ms. Outlook : bisa mengirimkan email tanpa online, adanya back-up dari akun webmail, lebih praktis, lebih efisien

Tidak ada komentar:

Posting Komentar