Jumat, 18 Januari 2013

Web E-Commerce


Definisi
    Perdagangan elektronik atau e-dagang (bahasa Inggris :
¡ Electronic commerce atau e-commerce) adalah penyebaran, pembelian, penjualan, pemasaran barang dan jasa melalui sistem elektronik seperti internet atau televisi, www, atau jaringan komputer lainnya. E-dagang dapat melibatkan transfer dana elektronik, pertukaran data elektronik, sistem manajemen inventori otomatis, dan sistem pengumpulan data otomatis.
    E-dagang atau e-commerce (bagian dari e-business),
¡ yaitu kegiatan-kegiatan bisnis yang menyangkut konsumen (consumers), manufaktur (manufactures), service providers dan pedagang perantara (intermediaries) dengan menggunakan jaringan-jaringan komputer (komputer networks) yaitu internet. Seperti: transfer dana secara elektronik, SCM (supply chain management), e-pemasaran (e-marketing), atau pemasaran online (online marketing), pemrosesan transaksi online (online transaction processing), pertukaran data elektronik (electronic data interchange /EDI), dll.

Sejarah
    E-dagang pertama kali diperkenalkan tahun 1994 saat
¡ pertama kali banner-elektronik dipakai untuk tujuan promosi dan periklanan di suatu halaman-web (website). Menurut Riset Forrester, perdagangan elektronik menghasilkan penjualan seharga AS$12,2 milyar pada 2003. Menurut laporan yang lain pada bulan oktober 2006 yang lalu, pendapatan ritel online yang bersifat non-travel di Amerika Serikat diramalkan akan mencapai seperempat trilyun dolar US pada tahun 2011.
   
¡ Pada awalnya ketika web mulai terkenal di masyarakat pada 1994, banyak jurnalis memperkirakan bahwa e-commerce akan menjadi sebuah sektor ekonomi baru. Namun, baru sekitar empat tahun kemudian protokol aman seperti HTTPS memasuki tahap matang dan banyak digunakan. Antara 1998 dan 2000 banyak bisnis di AS dan Eropa mengembangkan situs web perdagangan ini.

Faktor Kunci Sukses dalam E-Commerce
    Menyediakan harga kompetitif
¡
    Menyediakan jasa pembelian yang tanggap, cepat, dan ramah.
¡
    Menyediakan informasi barang dan jasa yang lengkap dan jelas.
¡
    Menyediakan banyak bonus seperti kupon, penawaran istimewa, dan diskon.
¡
    Memberikan perhatian khusus seperti usulan pembelian.
¡
    Menyediakan rasa komunitas untuk berdiskusi, masukan dari pelanggan, dan lain-lain.
¡
    Mempermudah kegiatan perdagangan
¡
Masalah e-commerce
    Penipuan dengan cara pencurian identitas dan membohongi pelanggan.
¡
    Hukum yang kurang berkembang dalam bidang e-commerce ini.
¡
Aplikasi Bisnis dalam E-Commerce
    E-mail dan Messaging
¡
    Content Management Systems
¡
    Dokumen, spreadsheet, database
¡
    Akunting dan sistem keuangan
¡
    Informasi pengiriman dan pemesanan
¡
    Pelaporan informasi dari klien dan enterprise
¡
    Sistem pembayaran domestik dan internasional
¡
    Newsgroup
¡
    On-line Shopping
¡
    Conferencing
¡
    Online Banking/internet Banking
¡
    Product Digital/Non Digital
¡

Jenis E-Commerce
    Business to Business (B2B)
¡
    Business to Consumer (B2C, retail)
¡
Karakteristik Business to Business
E-Commerce
   
¡ Trading partners yang sudah diketahui dan memiliki hubungan (relationship) yang cukup lama. Informasi hanya dipertukarkan dengan partner tersebut dan dapat disusun sesuai dengan kebutuhan dan kepercayaan (trust).
    Pertukaran data (data exchange) berlangsung
¡ berulang-ulang dan secara berkala, misalnya setiap hari, dengan format data yang sudah disepakati bersama. Dengan kata lain, servis yang digunakan sudah tertentu. Hal ini memudahkan pertukaran data untuk dua entiti yang menggunakan standar yang sama.
    Salah satu pelaku dapat melakukan inisiatif untuk mengirimkan data, tidak harus menunggu parternya.
¡
   
¡ Model yang umum digunakan adalah peer-topeer, di mana processing intelligence dapat didistribusikan di kedua pelaku bisnis.
Karakteristik Business to Consumer E-Commerce
    Terbuka untuk umum, di mana informasi disebarkan ke umum.
¡
   
¡ Servis yang diberikan bersifat umum (generic) dengan mekanisme yang dapat digunakan oleh khalayak ramai. Sebagai contoh, karena sistem Web sudah umum digunakan maka servis diberikan dengan menggunakan basis Web.
    Servis diberikan berdasarkan permohonan (on demand). Konsumer
¡ melakukan inisiatif dan produser harus siap memberikan respon sesuai dengan permohonan.
    Pendekatan client/server sering digunakan
¡ dengan mengasumsi client (consumer) menggunakan sistem yang minimal (berbasis Web) dan processing (business procedure) diletakkan di sisi server.
Business to Business E-Commerce
    Business to Business
¡ E-Commerce umumnya menggunakan mekanisme Electronic Data Interchange (EDI). Sayangnya banyak standar EDI yang digunakan sehingga menyulitkan interkomunikasi antar pelaku bisnis. Standar yang ada saat ini antara lain: EDIFACT, ANSI X.12, SPEC 2000, CARGO-IMP, TRADACOMS, IEF, GENCOD, EANCOM,
    ODETTE, CII. Selain standar yang disebutkan di atas,
¡ masih ada format lain yang sifatnya proprietary. Jika anda memiliki beberapa partner bisnis yang sudah menggunakan standar yang berbeda, maka anda harus memiliki sistem untuk melakukan konversi dari satu format ke format lain. Saat ini sudah tersedia produk yang dapat melakukan konversi seperti ini.
Electronic Payment
    Standards: SET, Mondex
¡
    Electronic money: e-cash digicash, CyberCash, iKP
¡
    Virtual wallet, EMV electronic purse
¡
    Credits and debits on the Internet, First Virtual.
¡
   
¡ Internet banking beserta group yang terlibat di dalamnya, seperti kelompok OpenFinancial Exchange (OFX) yang dimotori oleh CheckFree Corporation Intuit, dan Microsoft beserta institusi finansial lainnya.
    Stocks and trading
¡
    Smartcards: introduction, CLIP, ISO 7816 (beserta seluruh bagian/part-nya) Java Card, Open Card Framework
¡
    Regulatory issues
¡
    Internet economics, digital money
¡
    Internet payment protocol, ePurse protocol
¡
   
¡ Micropayments, yaitu pembayaran dalam jumlah yang sangat kecil (misalnya untuk membaca web site dichage 0.25c/halaman): Millicen
    Electronic check: FSTC Electronic Check Project4
¡
    Limitatitions Of Traditonal Payment Instrument.
¡
    Security requirement (Authentications, Privacy, Integrity, Non-repudiation, Safety).
¡
    Single-Key (Symentric) Encryption.
¡
    Public/Private Key System.
¡
    Electronic Credit Card (payment using unencypted, encrypted payments, high level security and privacy).
¡
    Electronic CASH.
¡
    Electronic Pyment Card (smart card).
¡
    Three Party Payment System.
¡
Aplikasi Sistem E-Commerce
    Electronic Markets (EMs)
¡
      EMs adalah sebuah sistem informasi antar organisasi yang menyediakan fasilitas-fasilitas bagi para penjual dan pembeli untuk bertukar informasi tentang harga dan produk yang ditawarkan.
     Keuntungan fasilitas EMs
     - pelanggan : terlihat lebih nyata dan efisien dalam hal waktu.
     - penjual : dapat mendistribusikan informasi mengenai produk dan service yang
        ditawarkan dengan lebih cepat sehingga dapat menarik pelanggan lebih banyak.
    Electronic Data Interchange (EDI)
¡
      EDI adalah sarana untuk mengefisienkan pertukaran data transaksi-transaksi reguler yang berulang dalam jumlah besar antara organisasi-organisasi komersial.
     EDI memiliki standarisasi pengkodean transaksi perdagangan. Keuntungan : waktu pemesanan yang singkat, mengurangi biaya, mengurangi kesalahan, memperoleh respon yang cepat, pengiriman faktur yang cepat dan akurat serta pembayaran dapat dilakukan secara elektronik.
    Internet Commerce
¡
     Adalah penggunaan internet yang berbasis teknologi informasi dan komunikasi untuk perdagangan. Keuntungan : harga lebih murah internet merupakan media promosi perusahaan dan produk yang paling tepat dengan harga yang relatif lebih murah; serta pembelian melalui internet akan diikuti dengan layanan pengantaran barang sampai di tempat pemesan.
    Internet Commerce
¡
    Internet commerce adalah penggunaan internet yang berbasis teknologi
¡
informasi dan komunikasi untuk perdagangan. Kegiatan komersial ini seperti iklan dalam penjualan produk dan jasa. Transaksi yang dapat dilakukan di internet antara lain pemesanan/pembelian barang dimana barang akan dikirim melalui pos atau sarana lain setelah uang ditransfer ke rekening penjual.
    Penggunaan internet sebagai media pemasaran dan
¡ saluran penjualan terbukti mempunyai keuntungan antara lain untuk beberapa produk tertentu lebih sesuai ditawarkan melalui internet; harga lebih murah mengingat membuat situs di internet lebih murah biayanya dibandingkan dengan membuka outlet retail di berbagai tempat; internet merupakan media promosi perusahaan
dan produk yang paling tepat dengan harga yang relatif lebih murah; serta pembelian melalui internet akan diikuti dengan layanan pengantaran barang sampai di tempat pemesan.
Karakteristik E-Commerce
    Transaksi tanpa batas
¡
    Transaksi anonim
¡
    Produk digital dan non digital
¡
    Produk barang tak berwujud
¡
    Mekanisme E-Commerce
¡
     Transaksi elektronik antara e-merchant (pihak yang menawarkan barang atau jasa melalui internet) dengan e-customer (pihak yang membeli barang atau jasa melalui internet) yang terjadi di dunia maya atau di internet pada umumnya berlangsung secara paperless transaction, sedangkan dokumen yang digunakan dalam transaksi tersebut bukanlah paper document, melainkan dokumen
elektronik (digital document).
Tipe Kontrak On Line
    Kontrak melalui chatting dan video conference;
¡
    Kontrak melalui e-mail;
¡
    Kontrak melalui web atau situs.
¡
Daftar Website E-Commerce di Indonesia (sumber: DailySocial dan NavinoT):
    Tokobagus
¡
    Tokopedia
¡
    Juale
¡
    Blanjaa
¡
    Bukalapak
¡
    Plasa
¡
    Krazymarket
¡
    QiosQu
¡
    Berniaga
¡
    Indonetwork
¡



Tidak ada komentar:

Posting Komentar